Slider One
Layanan Pendidikan Al-Ihya Insan Kamil

LAYANAN PENDIDIKAN INSAN KAMIL

a. Kelas Al-Hidayah

  • Adalah kelas reguler SMP-SMA dengan penyelesaian 3 tahun, mengikuti kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013, dengan jumlah jam 46 jam seminggu
  • Jadwal pelajaran mengikuti yaitu :
    • TK, SD, SMP, SMA : masuk pagi
  • Mendapatkan tambahan muatan kurikulum Insan Kamil, meliputi : Diniyah, B. Arab, B. Inggris,  Komputer, CTL (Contextual Teaching and Learning), PBL (Project Based Learning), CD (Creativity day) setiap hari Sabtu

b. Kelas Al-Barokah

  • Adalah kelas reguler dengan penyelesaian 3 tahun, mengikuti kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013, dengan penambahan jumlah jam menjadi 48 jam pelajaran seminggu
  • Efektif belajar masuk pagi setiap hari, dengan program khusus CTL (Contextual Teaching and Learning) setiap hari Selasa dan CD (Creativity day) setiap hari Sabtu
  • Mendapatkan tambahan muatan kurikulum Insan Kamil, meliputi : Diniyah, B. Arab, B. Inggris, standar TOEIC (Test of English for International Communication), Komputer, CTL (Contextual Teaching and Learning), PBL (Project Based Learning), CD (Creativity day) setiap hari Sabtu

c. Mukim di Al-Ihya

  • Sekolah Insan Kamil adalah bagian dari Majlis Al-Ihya Bogor, yang menyelenggarakan layanan pendidikan pesantren sejak tahun 1978
  • Saat ini jumlah santri/santriat mukim Majlis Al-Ihya Bogor berjumlah 386 orang dan seluruhnya wajib bersekolah di Insan Kamil
  • Kompetensi Lulusan dari santri/at mukim di Majlis Al-Ihya, yaitu menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlakul karimah, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Kemampuan khusus yang di miliki tamatan  pesantren adalah:
    • Memahami dan menguasai Bahasa Arab.
    • Memahami dan menguasi literatur-literatur Islam yang klasik maupun modern.
    • Menjadi dai yang profesional pada karir yang ia pilih
    • Melaksanakan Islam secara kaffah dengan landasan aqidah yang lurus dan benar yaitu aqidah ahlussunnah wal jamaah.

d. Kegiatan Ekstra Kurikuler

  • Dibagi menjadi kelompok kegiatan ekstra kurikuler :

DINIYAH

AKADEMIK

OLAH RAGA

UMUM

Tahfidzil Qur’an

Qiro-atul Qur’an

Rebana-Marawis

Sholawat-Nasyid

Kaligrafi

Meraih Olimpiade

Robotik

Bahasa Arab

Bahasa Inggris

Bahasa Jepang

Merpati Putih

Perisai Diri

Tae Kwon Do

Panahan

Futsal

Basket

Bulu Tangkis

Kepramukaan

Elektronika

Penulisan Naskah dan Teater

Tata Boga

 

  • Murid wajib memilih 1 (satu) kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minatnya, dan boleh memilih maksimal 2 (dua) kegiatan
  • Pada semester 6 (enam) murid tidak diwajibkan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, kecuali yang sangat berminat dan berbakat.

 e. Contextual Teaching and Learning (CTL)

  • Adalah metode pembelajaran yang mendorong berkembangnya wawasan, kesadaran, daya kritis, dan kreatifitas murid akan keterkaitan materi pembelajaran dan peristiwa-peristiwa di dunia nyata.
  • Dilaksanakan seminggu sekali dengan penyesuaian waktu untuk kelas Al-Hidayah
  • Tema CTL dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar dari semua mata pelajaran

f. Project Based Learning (PBL)

  • Adalah metode pembelajaran yang mendorong kreatifitas, kerja sama dan tanggung jawab murid untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi suatu kegiatan yang meliputi acara-acara :
    • Pengajian Akbar
    • Mar’atun Sholihah
    • Peringatan Hari-hari Besar Islam dan Nasional
    • Pembagian Rapor
    • Creativity Day
    • Rihlah Ilmiah
    • Penelitian Sederhana
    • Dan Sebagainya
  • Seluruh rancangan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dilakukan oleh murid dengan bimbingan dan pengawasan guruh.

g. Creativity Day (CD)

  • Adalah hari unjuk kerja (show-case) murid sesuai kemampuan dan prestasinya baik di bidang akademik maupun non-akademik baik individual, kelompok, kelas maupun tingkat sekolah.
  • Dilaksanakan dengan bimbingan dan pengawasan guru